Minggu, November 06, 2016

Inovasi Teknologi Masa Depan (Komputer Yang Melebihi Kepintaran Manusia)

Perkembangan teknologi memang tidak ada habisanya. Teknologi yang dulunya hanyalah candaan sekarang sudah diwujudkan sebagai sesuatu yang nyata. Tapi masih ada yang belum terwujut. Pada artikel ini saya akan membahas salah satu dari teknologi tersebut yaitu komputer yang melebihi kepintaran manusia.



Banyak film-film fiksi telah menujukan bagai mana perilaku komputer yang melibihi kepintaran manusia. Sebagai contohnya di film Resident Evil (Red Queen) Red Queen ada lah komputer yang di ciptakan oleh umberella cooperation yang dapat mengontrol seluruh gedung dan dapat berbicara layaknya manusia.

Yah kebanyakan memang berakhir dengan komputer yang berusaha menguasai umat manusia, tetapi tidak dapat di pungkiri bahwa jika teknologi ini ada makan banyak pekerjaan manusia yang dapat terbantu.

Para ahli meyakini singularitas atau saat kecerdasan buatan menyamai bahkan melebihi manusia, bisa terjadi dalam 16 tahun. Tapi ada ahli lain yang berbeda soal kapan dan bagaimana singularitas akan terwujud.

Seorang futuris bernama Ray Kurzweil, dalam bukunya "The Singularity is Near: When Humans Transcend Biology", memprediksi pada 2029 komputer akan sepandai manusia dan pada 2045, komputer dapat miliaran kali lebih hebat dari kecerdasan manusia tanpa bantuan.

"Perkiraan saya tidak berubah, tapi pandangan konsensus ilmuwan kecerdasan buatan telah berubah menjadi lebih dekat dengan pandangan saya," tulis Kurzweil.

Misalnya, Bill Hibbard, ilmuwan komputer di University of Wisconsin-Madison, tidak berani memprediksi. Tapi Hibbard tetap yakin kecerdasan buatan akan memiliki tingkat kecerdasan manusia beberapa kali di abad ke-21.

"Bahkan jika tebakan paling pesimis saya adalah benar, itu akan terjadi selama masa orang yang sudah lahir," kata Hibbard.

Sedangkan peneliti kecerdasan buatan lain skeptis dengan ide mesin yang melampaui kecerdasan manusia. "Saya tidak melihat tanda-tanda bahwa kita dekat dengan singularitas," kata Ernest Davis, ilmuwan komputer di New York University.

Hibbard menambahkan, singularitas terwujud, orang pun tidak akan mati. Manusia dapat memperbaharui pada bagian sibernetika mesin tersebut.

Sebaliknya, saat mesin telah sepandai manusia, menurut Robin Hanson, ekonom George Mason University di Washington DC, ekonomi akan berlipat ganda setiap bulan atau minggu. Ini telah terjadi pada singularitas sebelumnya yakni revolusi pertanian dan industri.


sumber : 

12 komentar:

  1. hahaha itu semua berhubungan dengan teknologi kuantum di, jika teknologi kuantum ditemukan itu semua mudah diciptakan

    BalasHapus
  2. Nais artikel Aldi ^_^
    Semoga Aldi bisa turut berkontribusi dalam mewujudkan inovasi-inovasi di masa depan !
    Btw enak kali dah kalo dari rumah kita bisa langsung 'terbang' ke mana tujuan yang kita mau~~

    BalasHapus
  3. Artikelnya bagus nih! Mantap!!

    BalasHapus
  4. Makasih info2 dari artikelnyaa. Keep writing yaa!!

    BalasHapus
  5. mantap!! moga2 bisa terwujud di masa depan biar berkah aamiin!

    BalasHapus
  6. Bagus sekali informasinya. Thanks a lot

    BalasHapus
  7. Wahh keren yaa teknologi masa depan, artikelnya bagus dan bermanfaat yaaa

    BalasHapus
  8. Wah, keren ya! Semoga bisa terwujud :)

    BalasHapus

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com